Minggu, 21 April 2013

PENTINGNYA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Abstract
Learning Media is everything that can channel the message, can stimulate the mind, feeling, and the willingness of the students so as to encourage the creation of self-learning process in learners.
Learning Media is a means of factors that influence learning system. Support is everything that supports directly on the effectiveness of the process of learning, such as learning media, educational tools, school supplies.
Media use during the learning process can be used by teachers in the following situations is the result diminished attention students already bored listening to descriptions of teachers, materials and teacher explained by poorly understood by students, the limited resources of learning, and teachers are not passionate taught using words continues consequently many hours teaching constantly.
The Internet is a computer network that connects various information and communicate with each other and used as a source of knowledge from a variety of media.
Internet as a learning medium has good benefits for teachers and students. Internet as a learning medium has great benefits for students. Internet benefits for students, communication with them is easier for everyone to exchange ideas and discuss in a website, become a means answering all questions the students who can not find the answer to them, find your friends from foreign countries that can help them in life social and exchanging experiences can be a place in education or in other things, and to expand the horizons of all sorts of knowledge about the outside world. Internet benefits for teachers, among which is the source to add learning materials, exchange information with other teachers in different parts of the world who are more experienced, add insight to the development of age appropriate lessons, follow the technology and all the times that happens, the place learning in order to be able to answer all questions asked of his students.
Exploiting the Internet as a learning medium is essential. Internet in learning is very important because there are harnessing some of the Internet in facilitating the learning process. In addition to the availability of the internet as a medium of learning can help develop the learning process more interesting.


Abstrak
            Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, persaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
            Media pembelajaran merupakan faktor sarana yang mempengaruhi sistem pembelajaran. Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah.
            Penggunaan media pada waktu proses pembelajaran dapat digunakan oleh guru pada situasi berikut adalah perhatian siswa sudah berkurang akibatnya bosan mendengar uraian guru, bahan pelajaran yang dijelaskan oleh guru kurang dipahami oleh siswa, terbatasnya sumber pembelajaran, dan guru tidak bergairah mengajar dengan menggunakan kata-kata terus menerus akibatnya banyak jam mengajar.
            Internet adalah suatu jaringan informasi berbagai komputer yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain yang digunakan sebagai sumber dan media dari berbagai pengetahuan.          
            Internet sebagai media pembelajaran juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa. Internet sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet bagi siswa, diantaranya : (a) Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu website. (b) Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya. (c) Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya. (d) Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
            Internet tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet bagi para guru, diantaranya : (a) Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran. (b) Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman. (c)Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
(d) Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
(e) Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
            Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting.  Internet dalam pembelajaran sangat penting karena ada  pemanfaatan beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.  Di samping itu adanya  internet sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.



BAB I
 PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
            Di era globalisasi,  perkembangan ilmu dan teknologi sangat pesat. Oleh karena dalam dunia pendidikan pun tidak terlepas dari perkembangan internet.  Dalam dunia pendidikan sering kali muncul masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran yaitu lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, seorang guru memiliki peranan penting demi tercapainya kegiatan pembelajaran di sekolah.  Guru menjadi ujung tombak terciptanya proses pembelajaran. Meskipun guru mempunyai kecerdasan tanpa didukung dengan media pembelajaran yang baik maka proses pembelajaran itu akan menjenuhkan dan kurang menarik  minat siswa.
            Untuk itu dalam pembelajaran perlu adanya media pembelajaran yaitu internet. Dengan adanya media tersebut setiap siswa mampu memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Di samping itu pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat mempermudah siswa dalam dalam mengakses sebuah informasi pengetahuan, mengirim tugas-tugas sekolah lewat email, dan sebagainnya. Selain siswa, guru juga dapat mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran. Pemanfaatan media internet sangat penting bagi terlaksananya  pembelajaran yang baik.
            Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi  bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran yang lebih menarik.[1]
            Media yang  paling popular dewasa ini adalah penggunaan komputer atas talian (internet). Beberapa faktor menyumbang kepopularan ini termasuk ketersediaannya secara cuma-cuma untuk semua lapisan pengguna dan juga adanya ciri-ciri internet yang boleh dimanfaatkan untuk pengajaran dan pembelajaran.[2]
            Pemanfaatan internet dalam pembelajaran merupakan hal yang penting. Setiap komponen yang berada dalam lingkup pendidikan dapat memanfaatkan berbagai aplikasi internet  dengan mudah dan memudahkan mendapatkan berbagai informasi pengetahuan. Sesuai dengan perkembangan teknologi, penggunaan internet memiliki dampak yang positif dan negatif. Dampak posistif yaitu bagi siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, dan bagi guru dapat mempermudah menyediakan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan terciptanya pembelajaran yang menarik. Di samping itu juga ada dampak penggunaan internet yaitu banyaknya terjadi kejahatan.  
B.  Rumusan Masalah    
1.    Mengapa pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting ?
2.    Bagaimana manfaat internet sebagai media pembelajaran ?
3.    Apa keunggulan dan kelemahan internet dalam pembelajaran ?
 



BAB II
PEMBAHASAN
PENTINGNYA  PEMANFAATAN INTERNET
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

A.   Pengertian Media Pembelajaran
           
            Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.[3]
            Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar  merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Konsep pembelajaran menurut Corey (1986:195) adalah suatu proses dimana lingkunagn seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau mengahsilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.[4]            
            Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associstion (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangakat keras.
            Dari ketiga pendapat ahli dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, persaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
            Media pembelajaran merupakan faktor sarana yang mempengaruhi sistem pembelajaran. Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan sebagainya.
   Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.       Tujuan pemilihan. Memilih media yang akan digunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan.
b.      Karakteristik media pembelajaran.
c.       Alternatif pilihan

   Penggunaan media pada waktu proses pembelajaran dapat digunakan oleh guru pada situasi berikut:
a.       Perhatian siswa sudah berkurang akibatnya bosan mendengar uraian guru.
b.      Bahan pelajaran yang dijelaskan oleh guru kurang dipahami oleh siswa
c.       Terbatasnya sumber pembelajaran.
d.  Guru tidak bergairah mengajar dengan menggunakan kata-kata terus menerus akibatnya      banyak jam mengajar.          

   Guru memilih media yang digunakan untuk pembelajaran, sebaiknya guru  memperhatikan kriteria sebagai berikut:
a.       Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.
b.      Dukungan terhadap isi bahan pelajaran.
c.       Kemudahan dalam memperoleh media.
d.      Keterampilan guru dalam menggunakannya.
e.       Tersedia waktu untuk menggunkannya. Sesuai dengan taraf berpikir siswa.
Dari kriteria dalam pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan untuk memperlancar penyampaian informasi mengenai isi pelajaran yang akan dismapaikan oleh guru, tampak dengan jelas bahwa media pengjaran berfungsi untk memudahkan siswa untuk menerima informasi tersebut dengan variasi metdoe mengajar, kegiatan belajar berfokus pada siswa, dan hal yang penting lainnya adalah kemampuan guru dalam menggunakannya. Disamping itu guru akan lebih mudah untuk menentukan media yang digunakan dengan tepat untuk membantu mempermudah guru dalam memperjelas bahan pengajaran.[5]
B.   Konsep Dasar Internet

1.      Pengertian Internet
            Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sangat membawa dampak baik bagi perkembangan internet di berbagai dunia. Perkembangan internet juga mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Internet banyak digunakan dalam berbagai kegiatan dalam pendidikan dan pembelajaran. 
            Internet, singkatan dari interconection dan networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest global network of computer, that enables people throughoutthe world to connect with each other”. Internet diluncrkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) Pada bulan Agustus 1962.[6]
            Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan dengan beribu bahkan berjuta jaringan komputer (local/wide area network) ajaran dan medan komputer pribadi (stand alone), yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung dengannya boleh melakukan komunikasi diantara satu sama lain. (Brace, 1997).[7]
            Sidharta (1996) memberikan definisi yang sangat luas terhadap pengertian internet.  Internet adalah forum global pertama dan perpustakaan global pertama dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam segala waktu. Karena internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai
media pembelajaran.[8]
            Dari beberapa pendapat dapat disimpulkan bahwa internet adalah suatu jaringan informasi berbagai komputer yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain yang digunakan sebagai sumber dan media dari berbagai pengetahuan.

2.      Spesifikasi Peralatan Internet
            Agar kita dapat mengoperasikan internet dengan baik, maka dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadahi. Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik yang membentuk suatu sistem komputer serta peralatan-peralatan lain yang mendukung komputer untuk melakukan tugasnya. Perangkat keras tersebut berupa:
(1) satu unit komputer,
(2) modem,
(3) jaringan telepon,
(4) adanya sambungan dengan ISP (Internet Service Provider).

            Sedangkan perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini kita pilih sesuai dengan:
(1) kemampuan perangkat keras yang kita miliki,
(2) kelengkapan layanan yang diberikan,
(3) kemudahan dari perangkat itu untuk kita operasikan dalam (User
     Friendly).
3.      Fungsi Internet
            Menurut Kenji Kitao, ada enam fungsi internet yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (Kitao 1998) yaitu fungsi sebagai alat komunikasi, sebagai alat mengakses informasi, fungsi pendidikan dan pembelajaran, serta fungsi tambahan (suplemen), fungsi pelengkap (komplemen), dan fungsi pengganti (substitusi).[9]

1)      Fungsi sebagai alat komunikasi
            Dalam dunia pendidikan sangat diperlukan komunikasi yang baik antara guru, siswa, orang tua, dan instansi-instansi yang berhubungan dengan pendidikan. Komunikasi dalam internet dapat dilakukan melalui email  dan aplikasi internet lainnya yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
2)      Fungsi sebagai alat mengakses informasi
            Internet juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran elektronik.  Oleh karena itu bahan pembelajaran elektronik dapat dikemas dan dimasukkan kedalam jaringan sehingga dpat diakses melalui internet. Maka dalam dunia pembelajaran, siswa dapat mengakses  berbagai mata pelajaran yang ditugaskan ole guru. Guru juga dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang bahan pembelajaran dengan mengakses aplikasi internet yang ada.
3)      Fungsi pendidikan  dan pembelajaran
            Dalam internet terdapat berbagai informasi pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena itu internet juga bisa dijadikan perpustakaan tetapi dalam bentuk jaringan komputer. Internet dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainnya tujuan pendidikan dan pembelajaran.
4)      Fungsi tambahan (Suplemen)
            Dalam pembelajaran internet juga dijadikan menjadi fungsi tambahan sebagai media pembelajaran. Siswa dapat memanfaatkan internet dengan mencari materi pembelajaran tambahan selain di buku.    
5)      Fungsi pelengkap (Komplemen)
            Dalam pembelajaran, internet juga digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
6)      Fungsi pengganti (Substitusi)
            Fungsi pengganti di sini dimaksudkan bahwa dalam pembelajaran bisa mengganti model pembelajaran  konvensional dengan pembelajaran berbasis internet dengan menggunakan media internet.
4.      Aplikasi Internet
            Aplikasi untuk berkomunikasi dengan oranglain antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Email
b.      Laman Web (World Wide Web)
c.       Internet Relay Chat
d.      Telnet
e.       Kumpulan berita dan diskusi
f.       Telekonferens
g.      Instant messaging
h.      Newsgroups
C.  Alasan Pentingnya Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran
           
            Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Yang jadi masalah adalah bagaimana agar proses komunikasi itu berjalan dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara utuh. Dari hal tersebut maka internet dijadikan sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi dengan media internet dalam pembelajaran berkembang cepat. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat penting karena ada beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
            Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat baik untuk digunakan untuk membantu guru untuk mempermudah penyampaian pembelajaran kepada siswa.  Hal tersebut  dikarenakan dalam pembelajaran, guru sering dihadapkan berbagai hal yang mengharuskan kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa. Di samping itu adanya  internet sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
            Media pembelajaran melalui internet merupakan imbas dari teknologi yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran juga mau tidak mau harus mampu menggalakkan pembelajaran yang berbasis IT. Pembelajaran yang akan dilakukan akan lebih menarik dan tidak menjenuhkan. Semua hal yang berhubungan dengan bahan pelajaran, sumber pelajaran akan terangkum dalam sebuah aplikasi dalam internet. Di samping itu internet juga  mampu menjangkau pembelajaran jarak jauh. Dengan teknologi internet yang meluas di seluruh dunia, setiap guru/ siswa mampu berdiskusi dan berinteraksi dengan baik dengan guru/ siswa di belahan negara lain. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran saat ini juga sangat dianjurkan demi tercapainya pembelajaran yang internet dan memberikan berbagai wawasan tentang berbagai kemudahan aplikasi dalam internet yang berkaitan dengan pembelajaran.
            Guru  dalam memilih internet sebagai media pembelajaran mempunyai alasan  antara lain sebagai berikut :
a.       Guru dan siswa  agar melek teknologi internet.
b.      Guru dan siswa mampu menggunakan aplikasi internet yang berhubungan dengan pembelajaran.
c.       Guru dan siswa mampu menambah wawasan dalam berbagai hal yang berhubungan dengan pendidikan.
d.      Adanya pembelajaran tidak langsung tetapi  siswa tetap memperoleh pengetahuan dengan media internet.
e.       Guru akan lebih kreatif dalam memberi tugas melalui media yang interaktif yaitu internet





D.  Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran
            Dalam pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan internet. Hal ini disesuaikan dengan berkembangnya teknologi dan informasi di berbagai belahan dunia. Untuk itu dalam pembelajaran guru harus mampu menerapkan internet sebagai media dalam pembelajaran. 
Beberapa aplikasi internet yang mampu menyokong keperluan kependidikan diantaranya[10] :
a.       Email
             Email (Mel elektronik) adalah satu perkhidmatan komunikasi melalui internet. Mel elektronik biasanya berupa teks. Tetapi ia juga boleh melinatkan image grafik dan suara (voice mail).
             Antara aktivitas yang boleh dilakukan oleh guru dengan menggunakan email adalah berkomunikasi secara dalaman dan luaran sesama guru, ibu-bapak, pelajar, pihak pejabat serta kementerian, mendapatkan khidmat nasihat pakar dan bantuan teknikal, berkongsi, dan bertukar pendapat berhubung dengan proses pengajaran dan pembelajaran , teknik pengajaran terbaik, idea kreatif dan inovatif, latihan dan penilaian, bahan bantu mengajar dan sebagainya dan menghubungi agensi pusat dan swasta serta institusi pendidikan lain mngenai sesuatu program dan polisi yang digunakan khususnya dalam menyelesaikan sesuatu masalah yang timbul (Zulkifli, 1998).
             Antara aktiviti  yang boleh dilakukan oleh pelajar melalui email adalah berkongsi menjalankan sesuatu projek dengan pelajar di sekolah lain, berbincang dengan rekan dari kalangan berbagai budaya dan latar belakang negara mengenai berbagai isu semasa, menggalakkan perkembangan bahasa terutama bahasa inggris melalui komunikasi dengan rekan pena diluar negara, dan mendapatkan bahan dan teknik di dalam menyelesaikan sesuatu masalah pelajaran secara “online”. Seorang guru boleh mnereima dan memeriksa hasil tugas pelajaran melalui email.
             Zoraini (1996) menambah aktiviti-aktiviti seperti diatas akan memberi banyak faedah kepada para pelajar. Ini termasuk pelajar yang lebih peka terhadap isu semasa dunia, dapat membiasakan diri dengan aplikasi komputer, berpeluang menjalankan aktiviti kumpulan dan dapat meningkatkan kemahiran berfikir, kemahiran berbahasa atau kemahiran berkomunikasi.
b.      Laman Web (World Wide Web)
Rangkaian sedunia WWW adalah sebagian daripada internet dan merupakan satu koleksi besar dokumen yang dikenali sebagai “halaman web” (TMB, 1998, Crumlish, 1996). Halaman web merupakan komponen yang menjadikan internet lebih menarik dan paling diminati oleh siapa sja yang dapat mengaksesnya. Para pendidik boleh mendaptkan kandungan teks penuh, artikel, rancangan pengajaran dan lain-lain bahan pengajaran. Laman (http://k12.cnidr.org:90/ web. Intro.html) contohnya mneguraikan cara-cara World Wide Web khususnya dalam mereformsikan kurikulum. Crumlish (1996) mencadangkan WWWdalam pendidikan digunakan sebagai tutor, pusat sebaran dan penerbitan, medan perbincangan (forum), dan pemandu (search angine).
c.       Internet Relay Chat
             Internet Relay Chat biasanya merujuk pada skeumpulan orang berbual sesama sendiri dengan menggunakan papan kekunci. Namun samapi saat ini sudah terdapat perisian yang membolehkan komunikasi secara audio dan visual deang bantuan beberapa alat tambahan. Komunikasi seperti ini sering disebut seabgai telesidang (video conferencing). IRC menyediakan berbagia tajuk perbualan dan pengguna-pengguna di seluruh dunia berbincang tentang berbagai tajuk tersebut secara serentak.
d.      Telnet
             Telnet adalah kemudahan menggunakan komputer yang beralokasi di benua lain, seolah-olah sama seperti menggunakan komputer yang ditempatkan dalam sebuah bangunan yang sama.
e.       Kumpulan berita dan diskusi
             Internet menyediakan pentas-pentas perbincangan dalam pelbagai sebjek. Kumpulan berita dan diskusi adalah aplikai dan lanjutan kepada penggunaan email secara berkesan. Komuniti-komuniti ynag terbentuk secara elektronik yang mempunyai minat yang sama membolehkan ahli-ahli yang menyertai kumpulan diskusi berkongsi pendapat dan membantu di antara stau sama lain tanpa batasan sempadan geografi.
f.       Pemindahan File (FTP)
             Perkembangan dari internet, file dalam bentuk teks, grafik, audio atau video amat mudah untuk dipindahkan dari satu komputer yang lain dengan menggunakan “File Transfer Protokol (FTP)”. Segala bahan pembelajaran yang terdapat dalam sesuatu server (di mana-mana institusi pendidikan) bisa dipindahkan ke komputer kita di rumah atau di sekolah tanpa mengalami perubahan.
Pada saat ini terdapat pelbagai naskah yang boleh didowload secar gratis ataupun membayar. Kita juga boleh memuatkan kembali (upload) segala file ke dalam sesuatu server untuk dimanfaatkan oleh orang lain, terutam para pendidik dan pelajar di seluruh dunia.
g.      Telekonferens
             Telekonferens adalah sistem penyampaian elektronik yang melibatkan komunikais dua arah antara dua atau lebih pusat telekonferens secara langsung. Telekonferens ini juga amat sesuai bagi melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh karena sesuai dengan tujuan menjalankan seminar, kuliah, ceramah, tutorial, talkshow, perdebatan, persidangan, pemyampaian kajia, dan juga bimbinagn konseling. Menurut J.Makki (2001), penggunaan telekonferens ini akan menyelesaikan banyak masalah pembelajaran di kalangan pelajar dan guru-guru ICT. Walau  bagaimanapun, pelaksanaan telekonferens ini memerlukan perancangan dan latihan yang rapi malah latihan dan percobaan perlu dijalankan sebelum menggunakan peralatan media ini.
             Berdasarkan kajian, telekonferens ini dalah sesuia dengan aplikasi sistem pendidikan sebuah negara yang membangun yang berdasarkan teknologi komunikasi seperti ini berlaku di Finlandia (J.Makki, 2001) dan Singapura (Hu. Chun, 2001), sedangkan di Indonesia telekonferens sering diadakan untuk bertukar pengetahuan seperti Total Quality Management yang diselenggarakan oleh Asian Productivity Organization (APO) di Jakarta, Bnagkok, Tokyo, India, Phillipina, Kuala Lumpur dan Singapure secara serentak.
h.      Instant messaging[11]
             Instant messaging dikenal juga dengan sebutan internet text messaging, yaitu suatu ruang daklam internet yang gunannya untuk menyampaikan pesan singkat dan langsung kepada orang lain.
             Aplikasi dalam pembelajaran adalah digunakan oleh guru untuk menyampaikan tugas-tugas pelajaran secara singkat kepada peserta didik. Di samping itu guru dan siswa mampu berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan fasilitas ini.
i.        Newsgroups
             Newsgroups dikenal juga dengan konsep internet discussion group, yaitu suatu kelompok diskusi yang menggunakan sistem jaringan komputer (internet), di mana setiap anggota menuliskan pesan/gagasan-gagasannya untuk kemudian ditanggapin oleh anggota lain yang meminati topik bahasan yang sama.
             Aplikasi dalam pembelajaran dapat diterapkan dalam kelompok diskusi di bidang pendidikan. Sehingga melalui aplikasi ini dapat memberikan peluang untuk bertukar pikiran mengenai pembelajaran.


            Guru juga harus mampu membimbing setiap siswa dalam penggunaan internet sebagai media pembelajaran. Di samping itu guru juga harus mampu menyeleksi tugas-tugas yang berhubungan dengan pemanfaatan internet. Internet sebagai media pembelajaran juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa.
            Internet sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet bagi siswa, [12]diantaranya :
  1. Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu website.
  2. Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya.
  3. Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya.
  4. Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
            Internet tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet bagi para guru, diantaranya :
  1. Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran.
  2. Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman.
  3. Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
  4. Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
  5. Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
Internet dalam perkembangannya tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan dari internet.[13]
1)      Kelebihan Internet
a.       Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
b.      Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
c.       Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
d.      Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
e.       Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
f.       Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita tinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
2)   Kelemahan Internet
a.       Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan.
b.      Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
c.       Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.



BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
            Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting.  Internet dalam pembelajaran sangat penting karena ada  pemanfaatan beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.  Di samping itu adanya  internet sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
            Internet sebagai media pembelajaran juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa. Internet sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet bagi siswa, diantaranya : (a) Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu website. (b) Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya. (c) Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya. (d) Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
            Internet tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet bagi para guru, diantaranya : (a) Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran. (b) Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman. (c)Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
(d) Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
(e) Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
Internet dalam perkembangannya tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan dari internet. Kelebihan Internet anatara lain : (a) Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara. (b) Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. (c) Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita. (d) Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. (e) Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting. (f) Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita tinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
            Kelemahan Internet antara lain : (a) Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan. (b) Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali. (c) Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.

B.       Saran
            Semoga pembahasan makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya kita sebagai calon pendidik dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan demi perbaikan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

            M, Pawit Yusup. 2010. KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL (Teori dan Praktik). Jakarta: Bumi Aksara.
            Prio, Edi Baskoro. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon: Penerbit Swagati Press.
            Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
            Sanjaya, Wina .2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
            http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/, di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013 pukul 08.12
            http://re-searchengines.com/rustanti20708.html , di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013. pukul 08.30
            http://smaksanjose.wordpress.com/2012/03/02/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan, di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.30
            http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/kelebihan-dan-kekurangan-media-internet/, di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.40
            http://1009ifda.blogspot.com/2011/05/bermanfaatkah-internet-dalam menunjang. html, di unduh Hari Sabtu, 09 Maret 2013 pukul 10.50
           


[1] Dr. Wina Sanjaya, M.Pd, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, Hal 162
[2] Drs. Edi Prio Baskoro, M.Pd, 2008, Media Pembelajaran, Cirebon : Penerbit Swagati Press, Hal 105
[3] Ibid, Media Pembelajaran, Hal. 1
[4] Prof.Dr.H.Syaiful Sagala, M.Pd, 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, Hal 61
[5] Ibid, Media Pembelajaran, Hal 30-32
[6] http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/, di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013 pukul 08.12                                                                                                                                                                                         
[7] Ibid. Media Pembelajaran, Hal 106
[8] http://re-searchengines.com/rustanti20708.html , di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013. pukul 08.30

[9] http://1009ifda.blogspot.com/2011/05/bermanfaatkah-internet-dalam menunjang. html, di unduh Hari Sabtu, 09 Maret 2013 pukul 10.50
[10] Drs. Edi Prio Baskoro, M.Pd, 2008, Media Pembelajaran, Cirebon : Penerbit Swagati Press,  Hal 107-113
[11] Pawit M.Yusup, 2010,  KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL (Teori dan Praktik), Jakarta : Bumi Aksara, Hal 229-230
[12] smaksanjose.wordpress.com/2012/03/02/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan, di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.30

1 komentar:

http://hafidzweb.blogspot.com/ mengatakan...

http://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/boy-emoticon-014.gifhttp://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/emo-girl-001.gif

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar